Minggu, 21 Juli 2013

Tips Lebih Cepat Tidur Tenang


  Lo pernah ga sih ngerasain susah buat memindahkan kesadaran lo ketempat ia bersinggah selama lo terjaga, padahal semua ritual sebelum tidur  - minum susu, sikat gigi, cuci muka, cuci tangan, cuci kaki, cuci daki, cuci nadi, cuci panci, buang air yang cair maupun yang padat dan yang terpenting berdoa -  udah lo kerjain. Lo juga udah yakin kalau posisi tidur yang lo pilih adalah yang ter-PW, piyama-daster-kaos oblong-boxer yang lo pake juga yang ternyaman dan suhu ruangan lo udah yang ter-PAS, tapi tetep aja susah. Padahal udah malem banget, ditambah kebiasaan tidur lo juga kurang dari 6 jam. Merem doang sih bisa, tapi batas waktunya cuma sampe 10 menit dan setelah itu mata lo yang mulai lelah dengan enggan terbuka, lo balik badan cari posisi ternyaman untuk kesekian kalinya dan mencoba untuk terlelap kembali. Bisa sampe ketahap pulas itu udah kaya nyolong apelnya Pak Raden, butuh perjuangan. Itu ga enak dan menjenuhkan! Lo kaya gitu juga? Kalau iya kita SAMA! S-A SA M-A MA SA-MA!


  Kalau menurut account twitter psikologi yang gua follow (@PsikologID), isi tweetnya kalau ga salah kaya gini.. 'Susah terlelap dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang masih bugar, banyak pikirkan, belum menyelesaikan sesuatu dan ... (lupa). Kalau gua pribadi mengkatagorikan kebiasaan susah tidur gua diakibatkan oleh 'banyak pikiran'. Banyak pikirannya bukan banyak pikiran karena kerjaan yang sampe strees kebawa tidur, tapi karena kantung kreatifitas juga pusat imajinasi gua malah bekerja lebih giat dari biasanya. Ide-ide aneh, cerita yang bisa menarik buat diposting  - sayangnya kalau diniatin buat diposting malah lupa -  , lirik buatan sendiri, sampe bikin kesimpulan-kesimpulan absurd yang masuk akal, semua itu muncul disaat gua merem setelah gua menyiapkan posisi ter-PW dan sebelum gua mengganti posisi tersebut untuk kesekian kalinya.  Dikarenakan keprihatinan gua terhadap kondisi menjenuhkan ini yang kerap membuat diri gua iba melihat tampang beler gua setiap pagi, dan sebagai anak bangsa yang budi-man. gua ga mau manusia-manusia dimuka bumi merasakan kejenuhan ini, jadi gua nyontek cara cerdas agar bisa tidur cepat ke yang lebih berpengalaman  >> http://www.merdeka.com/sehat/8-cara-cerdas-agar-bisa-tidur-lebih-cepat.html << . Semoga bermanfaat!!

1. Membaca buku yang membosankan sebelum tidur
Gua pernah nih nyoba! Hasilnya sukses dikarenakan membaca buku membosankan dapat mengurangi konsentrasi. TAPI ada tapinya, pas gua bangung bukunya lengsek-runyek-blenyek gua timpa, terus kelipet-lipet. Yang gua kasian kalau cover bukunya yang keras kaya pake kayu, yang ancur malah badan lo bukan bukunya. Sebenernya cara ini bisa aman asal lo bisa kontrol diri, kalau udah ngantuk banget bukunya lo singkirin dulu.

2. Beli bantal baru
Kalau ini belum pernah gua coba, pernahnya nuker bantal ade sama bantal gua tapinya ga enak aromanya beda, yang ade gua kurang bau, ga PW. Bantal juga ada loh yang khusus buat posisi-posisi tidur yang bisa sangat membantu proses tidur, jadi silahkan kalau mau mencoba..

3. Jangan bergantung pada obat alergi
Gua ga alergi jadi ga tau, tapi pada dasarnya bergantung pada obat itu ga baik. Jadi sebaiknya lo menggunakan peralatan-peralatan tidur yang bebas alergi.

4. Sembunyikan jam
"Taruh jam weker atau alarm di tempat yang tidak bisa Anda lihat. Kebanyakan orang tak bisa tidur ketika mereka terus-terusan melihat jam dinding. Jadi sebaiknya terus di tempat yang tak bisa Anda lihat." Sayangnya gua ga ada jam yang nyala dikamar, batrenya abis semua. Paling kalau mau liat jam di hape, abis liat jam ada sms-baca-bales-send, terus jadi tergoda ngecek twitter baca-baca tl, ada orang ngetweet sesuatu yang tragis dan gua penasaran, jadi gua buka tl-nya, baca-bacain sampe bawah-bawah. Alhasil, dari ngeliat jam gua menghabiskan setengah jam. Wassalam.

5. Gelap dan sejuk
Untuk yang satu ini gua ga begitu setuju, soalnya gua takut gelap he he tapi buat yang ga borangan dan ga cupu, cara ini bisa jadi sangat membatu karena ruangan yang gelap akan memicu hormon melatonin, yang bisa membuat kalian cepat tertidur pulas. Sementara udara yang sejuk dan tak terlalu panas sesuai untuk suhu tubuh, membantu kita tidur lebih cepat. Kalau yang kedinginan bisa pake kaos kaki atau selimut, tapi jangan panaskan suhu ruangannya.

6. Lagu lembut
Setuju!! Karena menurut Journal of Holistic Nursing menunjukkan bahwa pasien yang memiliki kesulitan tidur lebih cepat tertidur ketika mendengarkan musik lembut dan menenangkan. Tapi buat saran, lagu lembutnya jangan ada penyanyinya karena secara ga sadar seringkali kita malah ikutan nyanyi, bukannya tidur malah jadi karokean.

7. Bernapas sesuai ritme
"Biasanya orang tak bisa tidur karena merasa cemas. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda melakukan terapi napas. Caranya adalah dengan menarik napas dalam empat hitungan. Ketika menarik napas, hitung sampai empat. Kemudian ketika mengeluarkan napas, hitung lagi sampai hitungan ke delapan. Lakukan hal ini berulang kali." Wah belum pernah gua coba nih, cukup menarik. Disaat gua mencoba untuk tertidur, gua memejamkan mata dan hal-hal menarik yang tadi gua ceritain mulai menguasai diri gua. Setelah gua tersadar kalau tujuan tidur gua melenceng, gua sentuh alis dan dahi yang sudah melengkung, hal tersebut menandakan kondisi yang belum relax dan stabil dikarenakan masih terlalu banyak berfikir.                                                                   Dengan kita mengatur nafas dapat membantu menstabilkan diri, jadi kayanya bernapas sesuai ritme layak dicoba!

8. Jangan bergantung pada obat
Gua pribadi sangat menghindari penggunaan obat tidur, gua lebih memilih cara-cara alternatif yang sedikitnya telah disebutkan diatas. Emang sih ga ada salahnya mengonsumsi obat tidur, tapi jangan sampe dijadiin kebiasaan. Dilakukan kalau benar-benar diperlukan!
Segitu aja yang bisa gua bagi-bagi, semoga bermanfaat... Kalau udah enak tidurnya kabar-kabarin yak!
nb: Gua masih butuh alternatif lain, kalau yang udah sukses jangan pelit-pelit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir dan menanggapi apa yang telah saya sampaikan, tulisan saya bukan apa-apa tanpa anda :) sekali lagi terima kasih ya